Asisten Ekbang Prov.Sumbar : Penyelesaian Kemacetan di Titik Pasar Koto Baru Tanah Datar Dimulai Tahun 2019 ini

Tanggal : Rabu, 16-01-2019 | Kategori : Berita Nasional | Dibaca : 142

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Sumatera Barat Ir. Benny Warlis Jum'at pagi (4 Januari2019) melakukan kunjungan kerja mendadak ke Kantor Bupati Tanah Datar dalam rangka mengevaluasi kesiapan Pemerintah Tanah Datar dalam menindaklanjuti Kesepakatan yang dibuat antara Pemprov Sumbar dengan Pemkab Tanah Datar. Kunjungan Asisten Ekbang ini didampingi oleh Kepala Dinas Perkimtan Sumbar, Kepala Dinas PSDA Sumbar, Biro Kerjasama, Pembangunan dan Rantau, Dinas Perindag serta Balai Wilayah Sungai V. Dalam kunjungan tersebut, Asisten Ekbang mempertanyakan komitmen Pemkab Tanah Datar berupa penyediaan lahan bagi pengembangan pasar Koto Baru, Penyediaan DED dan dokumen lingkungan serta amdal lalin. Disamping itu juga, Asisten Ekbang juga meminta penjelasan terkait progres penyediaan lahan untuk pembangunan Irigasi Batang Sinamar.

Kunjungan diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar Drs. Hardiman, beserta beberapa kepala SKPD di Tanah Datar. Dalam kesempatan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar komit dengan kesepakatan yang telah dibuat. Saat ini proses pembebasan lahan sudah sampai ke tahapan negosiasi harga dan Insya Allah pada Januari ini dapat dilakukan pembayaran gantiruginya kepada masyarakat. Sementara untuk DED, izin lingkungan dan Amdal Lalin juga telah dianggarkan dananya dalam APBD Kabupaten Tanah Datar tahun 2019. Ditargetkan semua persyaratan dokumen ini bisa selesai di bulan Maret 2019, dan proses lelang pembangunan pengembangan Pasar Koto Baru telah bisa dilakukan.

Anggaran pembangunan pengembangan pasar Koto Baru Tanah Datar ini direncanakan bersumber dari BKK Provinsi Sumatera Barat ke Pemkab Tanah Datar tahun 2019. Jika pembangunan ini selesai, maka diharapkan persoalan kemacetan pada titik Pasar Koto Baru Tanah Datar segera terselesaikan. (Bag.Pemb).

         


Share