SEMINAR HASIL PELAKSANAAN KERJA SAMA LUAR NEGERI TAHUN 2019

Tanggal : Jumat, 01-02-2019 | Kategori : Pemerintahan | Dibaca : 57

Jakarta - Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis, Dr. Drs. Rizari, M.B.A, M.Si, memberikan pemaparan hasil penjajakan kerja sama pada acara Seminar Hasil Penjajakan Kerja Sama Luar Negeri BPSDM Kemendagri di Ruang Kelas Besar lantai 3 Gedung F BPSDM Kemendagri pada hari Kamis (17/01/19). Poin-poin yang disampaikan tersebut adalah:

  1. Dalam rangka menindaklanjuti hasil pengembangan kerja sama luar negeri dengan Devmac Development ltd dari Selandia Baru, United Cities and Local Governments (UCLG) dari Korea Selatan dan Konrad Adenauer Stiftung (KAS) dari Jerman yang telah dilaksanakan pada tahun 2018
  2. Apabila ada aparatur sipil negara (ASN) di pemerintah pusat maupun di daerah yg akan dikirim untuk melakukan studi banding/lapangan dan  mengikuti pembelajaran keluar negeri harus teregister melalui Pusat Fasilitas Kerja Setjen Kemendagri dan BPSDM Kemendagri, dalam hal ini agar pengembangan sumber daya manusia ASN dapat terukur jumlah alumninya.
  3. Devmac Development ltd telah melakukan kerja sama dengan BPSDM kemendagri. Devmac Development ltd memiliki pengembangan kerjasama antara lain: tentang reklamasi, likuifaksi, drainase, dermaga, pengelolaan sampah, dan lain-lain. Selain itu Devmac Development ltd juga menerima kerja sama dalam bidang pengembangan sdm yang akan dilakukan melalui modus kerja sama TOT Pengembangan Kompetensi Keselamatan Kerja dan Peningkatan Kapasitas SDM.
  4. Dalam bidang pendidikan, Devmac Development ltd selain memberikan bantuan S2 dan S3, juga memfasilitasi pelatihan SDM Aparatur di tingkat kementerian Pusat dan maupun Provinsi dan Kab/Kota, dan pengembangan SDM itu akan dilaksanakan baik di Selandia Baru dan di Indonesia
  5. BPSDM Kemendagri juga telah melakukan kunjungan lapangan ke Korea Selatan dalam usaha penjajakan kerjasama dengan UCLG (United Cities and Local Governments). Pada kesempatan ini UCLG memfasilitasi kunjungan lapangan BPSDM Kemendagri ke Seoul Metropolitan Fire and Disaster Headquarters pada tanggal 17 Desember 2018 sampai dengan 21 Desember 2018.

Hasil kunjungan tersebut adalah pihak pemerintah kota Metropolitan Seoul akan membantu memberikan peralatan penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran berupa hibah kendaraan dan peralatan pemadam kebakaran, dan juga akan melakukan pengembangan sumber daya manusia pemadam kebakaran.


Share