Perjanjian dan Penandatanganan Kesepakatan Kepala Pemerintahan Provinsi Se-Sumatera

Tanggal : Rabu, 20-02-2019 | Kategori : Pemerintahan | Dibaca : 50

Padang - Kegiatan Rakor Gubernur Se-Sumatera mengusung dengan tema Pembangunan Infrastruktur Mendukung Pariwisata dan Pembangunan Regional Sumatera, juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Se -Sumatera serta Organisasi Perangkat Daerah terkait . Sekaligus Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) tentang Kerja Sama Daerah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Para Gubernur Provinsi Se-Sumatera. Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Gubernur Se Wilayah Sumatera Tahun 2018, yang berlangsung di Hotel Grand Inna Muara, Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, Kamis (22/11/2018).

Adapun topik-topik yang dibahas dalam Rakor Gubernur tersebut membahas rencana kerjasama dengan Ruang lingkup/bidang kesepakatan bersama yang diprioritaskan antara lain: Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan umum dan penataan ruang., Ketetraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat., Pencegahan dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana, Distribusi dan ketersediaan pangan, Ruang lingkup lainnya yang dibutuhkan dan disepakati para pihak.
Dari pembahasan pertemuan Gubernur Provinsi Se-Sumatera yang telah dijelaskan ada beberapa kegiatan yang akan ditindak lanjuti, seperti kegiatan antara lain:

1. Manajemen konflik antar daerah, dimana kerjasama antar daerah dapat menjadi forum komunikasi dan dialog antar aktor utama daerah. Dengan adanya forum seperti ini, maka dapat meningkatkan pemahaman dan toleransi sehingga konflik antar daerah dapat diantisipasi.

2. Efisiensi dan Standarisasi Pelayanan, dimana kerjasama antar daerah dapat dimanfaatkan daerah-daerah untuk membangun aksi bersama. Dalam konteks pelayanan publik, kerjasama antar daerah sangat mendukung daerah menerapkan efisiensi dan standarisasi pelayanan antar daerah.

3. Pengembangan Ekonomi, dimana kerjasama antar daerah akan mendorong terjadinya pengembangan ekonomi di suatu wilayah yang akan meningkatkan daya saing kawasan. Seringkali terjadi, pengembangan ekonomi suatu wilayah terhambat karena keterbatasan cakupan wilayah.

4. Pengelolaan Lingkungan, dimana kerjasama antar daerah akan mendorong pengelolaan lingkungan yang menjadi masalah bersama. Tanpa adanya kerjasama tersebut, penanganan lingkungan tidak akan berjalan sinergis sehingga sangat berpotensi menimbulkan permasalahan lingkungan, tidak hanya bagi daerah tersebut, tetapi juga bagi daerah lain yang secara geografis berdekatan, seperti kebakaran hutan, banjir, dan tanah longsor.

Diharapkan dari pertemuan Gubernur Se-Sumatera ini terjadi Kerjasama yang mencakup sebuah topik masalah yang diangkat sehingga sinkronis pelaksanaan kerjasama pembangunan akan menghasilkan Sumatera yang maju dalam segala bidang.



Share