15 Organisasi Perantau Sumbar Pulang Basamo Gunakan Ribuan Mobil

Tanggal : Rabu, 29-05-2019 | Kategori : Berita Rantau | Dibaca : 101

KBRN,Padang; Hingga pekan kedua Ramadan 1440 H, tercatat 15 organisasi perantau Sumatera Barat  menyatakan  pulang basamo atau mudik bersama.Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah setiap hari menjelang Lebaran.

Kepala Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau Setdaprov Sumatera Barat Luhur Budianda mengatakan, perantau Sumatera Barat akan mudik bersama dengan ribuan mobil. Perantau diperkirakan mulai bergerak ke kampung halaman pada Minggu 2 Juni, seiring dimulainya  cuti bersama.

"Kita setiap hari menghimpun datanya dari kabupaten kota, perantau mana saja yang akan pulang basamo, dan datanya terus bergerak,"ucapnya kepada, Selasa (21/5/2019) di Padang.

Luhur Budianda menjelaskan, 15 organisasi perantau yang pulang basamo, tak hanya perantau dari Jakarta, namun dari berbagai provinsi di republik ini. Kendati demikian, untuk secara keseluruhan jumlah perantau Sumatera Barat yang akan mudik tahun ini, mengalami penurunan sekitar 20 hingga 30 persen. Disebabkan  karena harga tiket pesawat yang masih mahal, sehingga banyak perantau Sumatera Barat yang mengurungkan niatnya pulang kampung.

"Tahun lalu ada sekitar 2 juta perantau yang mudik, sekarang diperkirakan mengalami penurunan,"katanya.

Pihaknya berharap, kehadiran perantau di kampung halaman selama libur Lebaran dapat memberikan manfaat bagi daerah. Selain mengambil makna silaturahmi dengan sanak famili, musim mudik juga kesempatan bagi daerah untuk meningkatkan pendapatan terutama perekonomian di sektor UMKM.

Budianda menyebut masyarakat di kampung halaman juga akan menyiapkan serangkaian acara baik dari pemprov maupun dari pemerintah kabupaten/kota untuk menyambut kedatangan para perantau, supaya suasana keakraban dalam momen Idul Fitri lebih semarak.

"Kita akan koordinasikan lagi dengan kabupaten kota agar program yang dibuat berjalan lancar,"tuturnya. (Melati Oktawina)

Sumber : RRI


Share